,

Musrenbang RPJMD Prov Kalsel 2021-2026 Fokus 5 Pembangunan

by -1755 Views

bingkaibanua.com Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalsel menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021-2026, di gedung Idham Chalid, Rabu (2/12/2021).

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang membuka kegiatan Musrenbang RPJMD Prov Kalsel Tahun 2021-2026 mengatakan, penyusunan RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan telah dirumuskan secara transparan dan partisipatif.

RPJMD ini juga memuat target-target program yang realistis dan terukur sehingga memudahkan pengendalian, perencanaan, penguatan integrasi penganggaran dan pendanaan.

Strategi pembangunan daerah dilakukan pendekatan pembangunan inklusif untuk memastikan bahwa proses pembangunan yang dilaksanakan memberikan kontribusi signifikan pada peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Disampaikanya, dalam 5 tahun ke depan pihaknya akan membangun Kalsel dengan visi KALSEL MAJU, yaitu Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan.

Ada 5 misi pembangunan di dalam RPJMD Provinsi Kalsel 2021-2026 yaitu, membangun SDM yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata, memperkuat sarana dan prasarana dasar dan perekonomian, tata kelola pemerintahan yang lebih fokus pada pelayanan publik, menjaga kelestarian lingkungan dan memperkuat ketahanan bencana.

Masing-masing misi ini akan dicapai melalui tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, baik target, indikator, program, maupun satuan kerja yang menanganinya.

Sementara Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira mengatakan, Musrenbang RPJMD bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan dari seluruh stakeholder pembangunan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan terhadap rancangan rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2026, sehingga atas saran dan masukan dari peserta musrenbang ini, rancangan RPJMD dapat disempurnakan.

Menurutnya, fokus pembangunan RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan 2021-2026 diantaranya, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Hilirisasi Industri, Infrastruktur, Transformasi Digital di sisi tata kelola pemerintahan serta pembangunan lingkungan dan ketahanan bencana .

“Untuk fokus pertama disisi pendidikan berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia, kemudian, mentransformasi untuk pemanfaatkan digital yang tujuannya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Selanjutnya,infrastruktur, yakni fokus akan membangun jalan-jalan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, seperti kawasan-kawasan industri di Batulicin maupun Banjarbakula.

Kemudian, membangun dan mendorong kemajuan industri, tidak hanya sebatas menjual batubara mentah saja, menjual CPO saja atau pun menjual karet saja, tapi industri turunannya.

Terakhir adalah lingkungan, terlebih pencemaran air kita sudah dikategori sedang, sehingga kita akan kendalikan itu serta isu terkait masalah hutan.

“Tentu akan kita jaga kelestariannya, salah satunya melalui Geopark Meratus dan penghijauan serta pengendalian banjir,” pungkasnya.(rr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.