, , , , , ,

Merdeka Ekspor 2021: Kalsel Ekspor 6 Komuditas Pertanian ke 9 Negara

by -73 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Merdeka Ekspor, yang mengekspor berbagai produk pertanian unggulan daerah.

Merdeka ekspor secara serentak dilakukan dari 17 pintu, baik pelabuhan laut dan bandar udara di 17 provinsi, dengan tujuan 61 negara.

Merdeka Ekspor yang mengekspor komoditas unggulan pertanian dari 17 provinsi di Indonesia, dilepas secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual dari Istana Bogor, Sabtu (14/7/2021).

Dalam kegiatan merdeka ekspor ini, Provinsi Kalimantan Selatan termasuk salah satu daerah di Indonesia yang turut mengekspor Komoditas Pertanian ke sejumlah negara di dunia.

Adapun komoditas pertanian yang diekspor dari Kalsel sebanyak 6 ragan jenis, yaitu Karet Lempengan, Daun Gelinggang, RBD Palm Olein, CPO, Palm Kernel Expeller dan Kayu Olahan (Plywood).

Sembilan negara menjadi tujuan ekspor komoditas unggulan Kalsel, yaitu India, China, Rusia, Vietnam, Korea Selatan, Brazil, Thailand, Philipina dan USA.

Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nur Hartanto mengatakan, komoditas pertanian yang dilalulintaskan melalui Pelabuhan Laut Trisakti Banjarmasin ini terdiri dari 6 ragam jenis dengan total volume lebih dari 60 ribu ton dan 1.922 meter kubik menuju ke 9 negara tujuan ekspor.

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, berharap ekspor komoditas pertanian Kalsel senilal Rp868,82 milliar, dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh kalangan masyarakat hingga ke petani, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalsel.

“Saya berharap capaian ini dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh kalangan masyarakat hingga ke petani, sehingga dapat menjadi pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi dan mengangkat harkat martabat masyarakat khususnya petani di Kalimantan Selatan,” harapnya.(admin)

One thought on “Merdeka Ekspor 2021: Kalsel Ekspor 6 Komuditas Pertanian ke 9 Negara

  1. Pingback: Presiden Lepas Ekspor Pertanian ke 61 Negara Senilai Rp7,29 Triliun – Wasakanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.