,

Revolusi Hijau Ala Paman Birin Akan Dikembangkan Secara Nasional

by -66 views

BANJARBARU – Program Revolusi Hijau yang digelorakan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dalam inovasi pengelolaan hutan serta lingkungan hidup, saat ini konsepnya sedang digodok secara nasional.

“Saya beri penghargaan yang tinggi dan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalsel atas konsep Revolusi Hijau Kalsel. Ini merupakan salah satu konsep yang sedang kita ramu, kita rangkum sedapatnya kita kembangkan secara nasional,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Menteri mengungkapkan itu dalam acara serah terima Tanaman Hutan Kota dari Kementerian LHK kepada Pemprov Kalsel di Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T) di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (30/7).

Menurut menteri, berdasarkan hasil evaluasi tanaman dengan intensitas sampling 40 persen pada 108 peta ukur mewakili luas 25 hektare luas lahan yang didanai APBN KLHK ini, diperolah persentase keberhasilan tumbuh sekitar 90,6 persen.

Baca Juga : Forest City Jadi Syarat Ibu Kota Negara

Kondisi ini tentu sangat membanggakan, apalagi jenis tanaman yang ada di MH2T merupakan jenis tanaman fast growing spesies dan jenis tanaman endemik yang mulai langka, seperti meranti, ulin, sengon, jabon dan kapuk randu.

Terlebih lagi, hutan kota seluas 25 Ha yang diserahkan, beberapa pohonnya sudah ada yang diberikan scan barcode. Tujuannya agar administrasi pohon dapat terlacak melalui sistem aplikasi qr. Code yang tersedia bebas di android.

Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengingatan jangan sampai terlena dengan dengan pujian. Tapi terus berinovasi yang terbaik bagi daerah.

“Terima kasih atas pujian ibu menteri, namun kita jangan sampai terlena. Paling penting, upaya kita dalam memberikan inovasi yang terbaik kepada daerah,” ucap Paman Birin.(dev/rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *