, ,

Pasca Diekspor Ke Jepang, Porang Balangan Bakal Dijadikan Komoditas Unggulan

by -25 views

bingkaibanua.com Banjarmasin – Porang Balangan berhasil menembus pasar internasional. Hal tersebut ditandai dengan pelepasana ekspor perdana Porang Balangan ke Jepang, Senin (12/4/2021) di Pelabuhan Tri Sakti Banjarmasin.

Dengan diekspornya Porang Balangan ke Negeri Sakura Jepang, Bupati Balangan, Abdul Hadi berkomitmen untuk menjadikan porang sebagai komoditas unggulan dan berkelanjutan dari bumi sanggam tersebut.

“kami berkomitmen agar porang ini menjadi komoditas unggulan dan berkelanjutan dari Kabupaten Balangan,” ucap Hadi.

Abdul Hadi akan mendorong tanaman porang agar diminati petani-petani di Balangan. Pihaknya akan membantu dari segi pendanaan, karena untuk menanam porang dalam satu hektar diperlukan biaya sekitar Rp90 juta.

“Dari sisi permodalan, kami akan minta kepada pihak bank daerah untuk bisa memberikan kemudahan untuk biaya awal petani porang kita, karena untuk satu hektarnya diperlukan biaya sekitar Rp90 Juta,” jelas Hadi.

Baca Juga: Porang Balangan Diekspor Ke Jepang

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanian setempat juga akan menyediakan bibit porang gratis bagi petani pemula. Tidak hanya itu, Dinas Pertanian juga akan memberikan edukasi metode penanaman atau budidaya porang yang baik.

“Karena petani porang ini kalau sudah menanam, untuk tanaman berikutnya sudah punya bibit sendiri, karena tanamannya sudah menghasilkan katak (bibit) sendiri,” tutur Hadi.

Potensi pengembangan porang ini cukup besar, serta tingginya nilai ekonomi komoditas porang ini menjadi peluang emas bagi Kalsel untuk menjadikan porang sebagai pangan unggulan.

1 Hektare Bisa Hasilkan 50 ton Porang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *