, , , ,

Inilah Bendungan Tapin yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi

by -270 views
foto:: Kementerian PUPR

bingkaibanua.com Banjarbaru – Pada akhir bulan Januari lalu, ramai diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali mengunjungi Kalsel, untuk meresmikan Bendungan Tapin.

Tak berselang lama dari kunjungan Presiden Jokowi untuk meninjau banjir dan mengunjungi para pengungsi di Kalsel, akan kembali mengunjungi bumi Pangaran Antasari. Semula Presiden Jokowi dijadwalkan akan ke Kalsel pada rabu, 3 Januari 2020, namun ditunda.

Lantas, seperti apa bendungan Tapin yang akan diresmikan Presiden Jokowi nanti?

Bendungan Tapin yang berlokasi di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, merupakan salah satu Proyek Setrategis Nasional (PSN).

Pembangunan bendungan Tapin dimulai dari tahun 2015 dan kini sudah memasuki tahap akhir, yaitu masa pengisian air, dan akan segera diresmikan.

Baca Juga: Intip Potensi dan Spesifikasi Bendungan Tapin

Baca Juga: Adanya Bendungan Tapin Dinilai Mampu Mendukung Peningkatan Produksi Pangan di Kalsel

Pengisian air sendiri sudah dimulai pada Jumat (9/10/2020) lalu. Diperkirakan, pengisian bendungan dengan total luas genangan 145,5 hekter lebih, dan total pengisian air 56,6 juta kubik tersebut memerlukan waktu sekitar 4 hingga 5 bulan.

Bendungan Tapin yang berlokasi di wilayah Pegunungan Meratus tersebut kedepan akan mampu mensuplai air irigasi seluas 5.472 Hekter, dan potensi air baku sebesar 500 liter/detik, dan potensi energi listrik sebesar 3,3 mega watt.

Selain itu, bendungan Tapin juga memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.(rr)

5 thoughts on “Inilah Bendungan Tapin yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi

  1. Pingback: Intip Potensi dan Spesifikasi Bendungan Tapin - Bingkai Banua
  2. Pingback: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan - Bingkai Banua
  3. Pingback: Sempat Tertunda, Presiden Jokowi Bakal Ke Kalsel Lagi, Resmikan Bendungan Tapin dan Kunjungi Daerah Terdampak Banjir di HST - Bingkai Banua
  4. Pingback: Adanya Bendungan Tapin Dinilai Mampu Mendukung Peningkatan Produksi Pangan di Kalsel - Bingkai Banua
  5. Pingback: Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Tapin Berpotensi Jadi Spot Wisata dan Majukan Perekonomian Warga - Bingkai Banua

Leave a Reply