, ,

Intip Potensi dan Spesifikasi Bendungan Tapin

by -98 views
foto: KemenPUPR

bingkaibanua.com Banjarbaru – Bendungan Tapin yang dibangun sejak tahun 2015, dibangun dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak dan memiliki kapasitas tampung 70,52 meter kubik.

Adanya pembangunan Bendungan Tapin ini, akan berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin sebesar 5.472 hektar.

“Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers, Senin (3/2/2020) lalu.

Basuki menambahkan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilakukan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Baca Juga: Inilah Bendungan Tapin yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Selain itu, kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Keberadaan Bendungan Tapin ini diharapkan dapat menyediakan air baku sebesar 500 liter/detik, mereduksi banjir sebesar 107 meter kubik/detik, konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin, dan sumber air untuk PLTA sebesar 3,30 MW.

Bendungan Tapin dilengkapi dengan akses jalan masuk sepanjang 21 Km dengan lebar 7 meter, kantor pengelola, rumah dinas, tempat ibadah, toilet, gardu pandang, dan rumah genset.

Selain itu, untuk bendungan utama memiliki tinggi 70 meter dengan konstruksi terowongan pengelak sepanjang 430 meter, cofferdam setinggi 29 meter serta spillway (pelimpahan) sepanjang 234 meter dan lebar 10-19 meter.(rr)

2 thoughts on “Intip Potensi dan Spesifikasi Bendungan Tapin

  1. Pingback: Inilah Bendungan Tapin yang Akan Diresmikan Presiden Jokowi - Bingkai Banua
  2. Pingback: Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Tapin Berpotensi Jadi Spot Wisata dan Majukan Perekonomian Warga - Bingkai Banua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *