, ,

Berjibaku Atasi Karhutla Di Banua, Padamkan Kebakaran Lahan Hingga Jam 10 Malam

by -
Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Kalsel

Banjarbaru – Musim kemarau dengan cuaca yang panas dan cenderung ekstrim akhir-akhir ini masih terjadi di negeri Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

Kebakaran hutan dan lahanpun tidak bisa dihindarkan. Dua pekan terakhir ini, banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kalsel. Kejadian ini memicu munculnya kabut asap yang menyelimuti sebagian besar daerah di Kalsel, termasuk di kawasan Bandara Syamsudin Noor.

Kondisi ini mengharuskan segenap komponen terus siaga. Bahkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor turun langsung memimpin tim gabungan untuk memadamkan Karhutla di Kalsel.

Seperti kebakaran lahan di Jalan Tegal Arum Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Sabtu (14/9/2019) kemarin.

Baca Juga: Rakornas Pengendalian Karhutla 2019, Paman Birin: Kita Kepung Potensi Titik Api

Kebakaran di lahan gambut itu berhasil dipadamkan pada pukul 22.00 malam. Tim gabungan yang terdiri dari Dishut Kalsel, BPBD, KPH Kayu Tangi, Tahura, Brigdalkarhutla, TNI dan Polri,bahu membahu, berjuang tak kenal lelah.

Sebagaimana dikutip dari Instagram resmi Gubernur Kalsel (@hsn_bergerak), semua Tim berjuang tak kenal lelah. Pemadaman dari darat dan udara dilakukan.

“Bayangkan kebakaran lahan gambut di Tegal Arum Banjarbaru, Tim gabungan bergerak memdamkan api mulai jam 1 siang, baru benar-benar bisa dipadamkan pada pukul 22.00 wita” tulisnya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor Memimpin Langsung Pemadaman Karhutla di Kalsel

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan, seiring masih terjadinya musim kemarau yang diprediksi hingga akhir Oktober.

Baca Juga: Apel Siaga Karhutla, Paman Birin: Sekarang Kita yang Akan Kepung Asap

“Masih banyak titik api dan rintangan yang kita hadapi. Mari bekerjasama, padamkan bersama-sama, karena kelestarian lingkungan dan hutan adalah tanggungjawab kita bersama” ajaknya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel bersama Alim Ulama dan masyarakat menggelar Istighosah dan Shalat Hajat di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, memohon perlindungan dan pertolongan dari kabut asap dan kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian, Paman Birin juga mengingatkan masyarakat Kalsel khususnya, akan adanya Fatwa MUI No. 30 Tahun 2016 tentang Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan Serta Pengendaliannya.

Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut Hingga ke Dalam Akar

Kemudian pada Minggu (15/9/2019) juga digelar Shalat Istisqa di Halaman Kantor Dinas Kehutanan Prov Kalsel.(rr/bingkaibanua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *